Kamis, 15 Mei 2014

Alat Musik Tradisional Bangka Belitung


Rebana Adalah Alat Musik Tradisional Bangka Belitung - Salah satu alat musik yang sering dimainkan oleh masyarakat Bangka Belitung adalah Rebana. Jika di Kepulauan Riau admin Blog Zona Bangka Belitung mengenalnya dengan Kompang. Mungkin masih satu rumpun. ada sedikit kemiripan tapi tidak sama. 
Rebana Adalah Alat Musik Tradisional Bangka Belitung - Salah satu alat musik yang sering dimainkan oleh masyarakat Bangka Belitung adalah Rebana.
Rebana berbentuk seperti gendang dengan cara memainkannya ditabu atau dipukul. Biasanya alat musik Rebana dimainkan pada acara tertentu saja. Misalnya pada festival kebudayaan, qasidah pengajian - pengajian, menyambut tamu istimewa, festival seni, pernikahan, dan acara tertentu lainnya. 

Untuk acara pernikahan, festival seni, dan lainnya - memainkan rebana biasanya diiringi alat musik Dambus yang merupakan alat musik tradisional bangka belitung juga.Rebana dapt ditemui dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Penggunaannya pun sesuai dengan kebutuhan, jika ingin suaranya terdengar besar mengunakan Rebana dengan ukuran besar pula, begitu sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar