Jenis Transportasi Darat
Mobil Sewa
Untuk
perjalanan panjang didalam mobil dan luar kota, dapat menyewa mobil
atau penyewaaan mobil. Pilihan yang lain sebagai persetujuan untuk satu
dari taksi atau pangkalan taksi yang mana biasanya terdapat disekitar
area kesibukan masyarakat seperti area pasar atau tempat pemberhentian
jalan raya, tapi banyak sopir yang beroperasi pada jam terbang malam
tanpa surat ijin wajib secara resmi yang mana sangat beresiko. Untuk
penyewaan mobil sekaligus supirnya banyak terdapat di Indonesia, itu
biasanya memiliki tingkatan yang berbeda untuk supir dengan tujuan
didalam kota dan supir untuk tujuan keluar kota.
Tingkatan
yang berbeda untuk jarak yang sama atau waktu periode watu, sesuai
dengan model dan kondisi mobil yang digunakan. Sebuah catatan untuk
mengingat semua daftar mobil taksi dan penyewaan mobil digunakan plat
nomor warna kuning, hitam untuk mobil pribadi dan merah untuk kendaraan
milik pemerintah. Hal ini lebih baik untuk pedoman daftar taksi dan
transportasi Bandar udara dalam kedatangan ke sebuah tujuan.
Taksi
Taksi
berargo biasanya terdapat di Jakarta. Di Jakarta tarif tertinggi
adalah Rp 5.000 (US $ 0.5) dan Rp 2.000 adalah tarif tambahan per
kilometer. Taksi seperti ini biasanya banyak digunakan juga dikota
lainnya dan semua dilengkapi dengan argo meter/ alat pengukur tarif.
Biasanya, taksi-taksi memiliki AC, kecuali untuk taksi yang disewakan
per jam, kebanyakan Bandar udara memiliki agen transportasi dimana
taksi menjadi fasilitas dan masalah tentang bukti pembayaran tunai
untuk tujuan yang berbeda. Ini untuk menghindari pujian mobil mini yang
mana memiliki dua tempat duduk. Tawar-menawar adalah kebutuhan dan
sebuah harga menjadi persetujuan sebelum menyewa. Mobil mini dengan
roda tiga ini tidak diperbolehkan melintasi jalan tertentu dan untuk
mengambil pengalihan, jadi waktu perjalanan bertambah panjang/lama.
Mobil ini juga kurang nyaman dibandingkan denga mobil beroda empat dan
tempatnya terbatas. Ini benar-benar taksi dengan tarif rendah
Microlet/Oplet/Bemo
Ini
adalah bus kecil, yang mana dapat mengangkut 10 penumpang dan
melintasi jalur yang pasti. Kendaraan ini memiliki sebutan nama yang
berbeda di lain kota, seperti angkutan di Jawa Tengah, Bemo di Bali.
(Bemo di Jakarta adalah kendaraan yang lebih kecil mengangkut 7
penumpang). Tarif bemo mengandalkan pada jarak dan berhenti
berkali-kali menurut keinginan penumpang. Kendaraan ini dapat disewa
tetapi melalui tawar-menawar. Selain di kota, kendaraan ini juga dapat
disewa tetapi melalui tawar-menawar. Selain dikota, kendaraan ini juga
beroperasi diluar kota, untuk hal ini antara Jakarta dan Bogor dan
sepanjang jalan negara.
Sepeda Motor
Walaupun
sebagian besar memiliki kendaraan pribadi, orang asing dibeberapa
tempat misalnya disekitar pantai yang ada di Bali atau Yogyakarta dapat
menyewa sepeda motor dan tempat yang sering dikunjungi orang asing
terutama anak muda. Biasanya tarif setiap harinya dapat direncanakan dan
itu dapat menjadi keuntungan besar dimana kamu dapat merencanakan
untuk melakukan perjalanan jarak jauh selama hari itu. Tarifnya sekitar
Rp 50.000 (US $ 5,5) untuk 1 hari dan tanpa menyewa pengemudi.
Mereka
ini juga menyewa beserta pengemudinya ketika kamu melakukan
perjalanan. Hal ini benar, mungkin lebih baik untuk mencegah terjadinya
kecelakaan di jalan, sebagai contoh, salah satunya kurang pengalaman
atau kurang pengetahuaan dengan lapangan dan rambu jalan atau peraturan
lalu lintas.
Artinya, lebih baik kamu mengendarainya sendiri, sementara surat ijin pengendara bisa dibuat dikantor polisi
Sepeda
Seperti
sepeda motor, sepeda bertenaga manusia biasanya tersedia untuk disewa
dibeberapa tempat, khususnya di Yogyakarta dimana sepeda menjadi alat
angkut utama, dan juga di Bali. Kamu tidak membutuhkan surat izin untuk
mengendarai sepeda.
Becak
Becak
adalah jenis taksi sesungguhnya orang-orang miskin di Indonesia dan
walaupun menjadi berangsur-angsur tidak kelihatan di Jakarta dan kota
besar lainnya di Jawa. Itu adalah gambaran dari contoh beberapa
transportasi yang popular, dimana penjabat tidak memiliki larangan yang
berpengaruh terhadap mereka, di Jakarta, mereka mengizinkan untuk
beroperasi menyusur keluar kota di Jakarta. Salah satu akan dapat
menghormati untuk membayar kendaraan lainnya. Mereka mengizinkan untuk
beroperasi bebas di Yogyakarta, Denpasar, Surabaya dan tempat-tempat
lainnya, dimana mereka dapat menjadikan contoh transportasi dalam kota
yang murah dan tepat. Pengemudi-pengemudi becak, walaupun reputasinya
menjadi buruk ketika penekanan social, sebagian besar diantaranya mereka
ramah terhadap pengemudi kendaraan umum dan sikap para penumpang.
Ojek
Ojek
sepeda atau sepeda motor sistem pengangkutan penumpangnya sama seperti
taksi. Penumpang duduk dibelakang tempat pengemudi, disini mereka
mendapatkan ongkos paling murah dan paling tepat dari transportasi kota.
Biasanya ongkos disini jauh lebih rendah dibandingkan di Jakarta.
Pengemudi becak, walaupun dianggap sebagai penjahat ketika ditekan oleh
masyarakat, pengemudi becak berada diantara sekian dari masyarakat
pengendara kendaraan yang baik terhadap penumpangnya.
Versi
modern dari sebuah institusi tentang taksi sepeda motor. Untunglah
banyak gank motor dan komonitas yang belum dikenal di Indonesia. Kamu
mungkin dapat untuk menjumpai mereka di kota dan area-area pasar ikan di
Jakarta dan dipersimpangan jalan-jalan diluar kota.
Bagaimanapun
kamu menjadi mempersiapkan untuk membayar ongkos paling sedikit, Rp
2.000 untuk mengendarai dengan sepeda motor; tak sebanyak untuk satu
daratan sepeda. Untuk menjaga ketenangan transportasi, jadi tidak perlu
takut ketika kamu melihat segerombolan anak muda disebuah pangkalan
dengan mengenakan jeans biru dan didekatnya diparkir banyak sepeda motor
pada sudut jalan.
Delman
Delman
tidak lagi diketemukan di Jakarta. Tetapi ditempat lain di Indonesia,
terutama di kota kecil, mereka menjadikannya alat transportasi penting.
Di beberapa tempat di Indonesia, ada yang menggunakan satu kuda,
kendaraan roda dua dipanggil dokar, delman, satu tempat duduk penumpang
disamping disebelah pengemudi dan tiga dibelakang. Ongkos minimal Rp
10.000 untuk jarak dari beberapa tempat di atas lima kilometer itu
adalah alas an di kota-kota seperti Bogor dan Bandung dan akan menjadi
mungkin rendah di kota-kota selanjutnya di daerah pedalaman di
Yogyakarta dan Surabaya, mayoritas delman banyak menggunakan empat roda
ditarik oleh dua kuda dan daerah setempat menyebut andong.
Sekarang
alat transportasi itu menjadi sepi dibeberapa area, walaupun di banyak
kota, telah banyak yang memiliki dan lebih memilih untuk
mengoperasikan becak karena lebih murah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar